Semangat Pagi Kawan Semua :). Demi kenyamanan bersama baik penjual maupun pembeli maka lahirlah Tata Tertib Jual Beli di PasarSemarang.com. Tata tertib ini mengikat semua warga yang ada di pasar semarang dan berkaitan dengan penulisan artikel, produk maupun barang, ataupun jasa yang di ditampilkan di Pasar Semarang [dot] com. Detailnya kita simak yuk:

gambar cewek profesional gambar header website customer service

Hak dan Kewajiban Penjual

Penjual adalah pihak yang menawarkan barang dan atau jasa di pasarsemarang.com. Orang-orang terpilih yang eksklusif menjadi bagian dari keluarga besar pasarsemarang. Mentalitas penjual kami harus meliputi:

  1. Penjual harus dengan itikad baik memulai proses penawaran barang maupun jasa dengan menyandarkan diri pada basis ketaqwaan pada Allah Subhanahu wata’ala
  2. Penjual dengan haknya berkomitmen menyajikan produknya secara jujur dan benar-benar berkualitas, produk terbaik yang tidak mengandung cacat sehingga merugikan pembeli. Kalaupun ada cacat harus didasari itikad baik menerima retur barang
  3. Penjual diwajibkan melayani sebaik baiknya customer yang berkunjung baik yang meminta informasi sampai terjadinya jual beli termasuk penjelasan ongkos kirim
  4. Penjual wajib mengirimkan barang sesuai hasil kesepakatan akad transaksi kepada pembeli sesuai kesepakatan yang sudah ditentukan. Maksimal dalam waktu 3-5 hari harus sudah ada keterangan perihal pengiriman barang atau proses pemesanan barang. Pun misal barang out of stock, penjual selambatnya 2 x 24 jam wajib memberi informasi kepada pembeli untuk proses lanjutan bila memungkinkan refund penuh dana yang telah ditransfer pembeli.
  5. Penjual berkomitmen menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi antara penjual dan pembeli dengan menempuh jalan jalan terhormat didasari atas asas dasar kekeluargaan.

Hak dan Kewajiban Pembeli

Pembeli adalah hadirin sekalian yang sekiranya nanti menjadi patner dalam akad jual beli yang terjadi di pasar semarang.com, detail tata tertibnya yakni:

  1. Pembeli dengan itikad baik berhak menanyakan informasi mengenai barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh tim pasar semarang dengan cara yang wajar dan saling menghargai kesempatan yang ada.
  2. Pembeli diharapkan membaca secara DETAIL, CERMAT, TELITI mengenai deskripsi barang maupun rincian harga yang sudah terpampang di halaman penjualan. Ketika ada yang belum jelas boleh menanyakannya sesuai nomor kontak yang tertera.
  3. Pembeli boleh menawar dengan platform harga yang wajar terkait barang dan jasa yang kami tawarkan
  4. Pembeli wajib menjalankan akad jual beli yang sudah disepakati dengan penjual, kalaupun mengcancel maka perihal keuangan akan kembali pada akad yang sudah disepakati bersama
  5. Pembeli mendapatkan berhak mendapatkan refudnd ketika barang yang sudah dipesan dalam kondisi tertentu (stok bahan habis/ masih menunggu restock)  sang penjual belum bisa memenuhi pesanannya sejumlah uang yang sudah ditransferkan secara penuh.
  6. Pembeli boleh memberikan masukan positif , nasehat, saran-saran agar pelayanan kami semakin baik dari hari ke hari. Misal ada hal positifnya, boleh kog dishare ke temen-temen lain di facebook, twitter, maupun social bookmark lainnya.

Demikian uraian tata tertib di pasarsemarang.com, insyallah akan di update menyesuaikan kebutuhan. Intinya tata tertib dipergunakan demi kebaikan bersama, setuju ya bos? he he. Akhir kata, kurang salahnya mohon maaf. Mari jadi penjual yang jujur dan pembeli yang shalih shalihah agar perniagaan jadi pahala nanti di  akhirat.