3
Manfaat Tanaman Genjerby Keta Keteon.Manfaat Tanaman GenjerManfaat Tanaman Genjer Tanaman genjer (Limnocharis flava), pernah dipersoalkan di negeri kita. Bukan karena tanaman ini beracun, tetapi karena oleh Orde Baru, nama tumbuhan gulma tersebut dicap sebagai soundtracknya Partai Komunis Indonesia (PKI). Sesungguhnya, lagu "Genjer-genjer" yang dimaksud ini, tercipta karena keprihatinan para seniman yang melihat penderitaan rakyat lantaran krisis pangan. Kemiskinan dan kekurangan pangan [...]

Manfaat Tanaman Genjer

Tanaman genjer (Limnocharis flava), pernah dipersoalkan di negeri kita. Bukan karena tanaman ini beracun, tetapi karena oleh Orde Baru, nama tumbuhan gulma tersebut dicap sebagai soundtracknya Partai Komunis Indonesia (PKI).

Sesungguhnya, lagu “Genjer-genjer” yang dimaksud ini, tercipta karena keprihatinan para seniman yang melihat penderitaan rakyat lantaran krisis pangan. Kemiskinan dan kekurangan pangan membuat rakyat akhirnya mengkonsumsi genjer yang banyak tumbuh di sawah-sawah di kawasan Banyuwangi Jawa Timur.

Manfaat tanaman genjer untuk makanan yang kaya gizi

Di berbagai daerah, genjer dikenal dengan sebutan haleyo (Batak), eceng (Melayu), genjer, saber (Sunda) dan centongan (Jawa). Selain daunnya, bunga genjer muda juga enak dijadikan masakan. Genjer cocok diolah menjadi tumisan, lalap, pecel, campuran gado-gado atau dibuat sayur bobor.

Kini genjer tidak lagi identik dikonsumsi masyarakat golongan bawah, tetapi ia mulai merambah di beberapa restoran-restoran elit. Selain rasanya yang lezat, tumbuhan ini ternyata kaya unsur gizi. Dari beberapa penelitian ilmiah menyebutkan, daun tanaman yang konon berasal dari Amerika ini juga sangat baik untuk saluran pencernaan manusia karena memiliki kandungan serat yang reltif tinggi.

Kandungan Gizi dan manfaat tanaman genjer

Daun dan bunga genjer mengandung kardenolin, di samping itu daunnya juga mengandung flavonoida dan polifenol. Dalam setiap 100 g genjer mengandung energi 39 kkal, protein 1,7 g, karbohidrat 7,7 g, kalsium 62 mg, fosfor 33 mg dan zat besi 2.1 mg. Sayuran ini juga kaya akan serat yang baik untuk menjaga saluran sistem pencernaan.

Jika rajin mengkonsumsi sayuran ini, dipercaya kanker kolon dan sembelit akan jauh dari Anda. Daun dan bunga genjer berkhasiat sebagai penambah nafsu makan. Untuk penambah nafsu makan dipakai ±15 gram daun segar genjer, dicuci dan dikukus sampai setengah matang lalu dimakan sebagai lalapan.

Lantaran ayuran ini kaya akan serat, sehingga dipastikan baik untuk menjaga saluran sistem pencernaan. Jika rajin mengkonsumsi sayuran ini, dipercaya kanker kolon dan sembelit akan jauh dari Anda.

sumber:Suaramerdeka.

Related Posts

3 Responses

  1. November 12, 2011 at 14:55bambang Irawan

    Bagi yang otak bisnisnya maen, genjer tuh kaya emas hijau. dari areal 400 m persegi dah bisa menghasilkan 150 rb per hari. karena cukup sekali tanam bisa panen seterusnya. ngga ada habisnya kecuali kena wabah dan tanaman pada mati. tapi sayang belum ada penelitian yang membahas tentang budidaya genjer secara intensif.

  2. Author

    December 5, 2011 at 16:53Keta Kete

    bene gan

  3. June 18, 2012 at 14:10Drs Rasino W

    Mungkin dari golongan kelas ekonomi atas genjer adalah sayuran yang tidak disukainya karena kadang tumbuh dilumpur dan comberan maupun di sawah atau pinggiran kolam, tetapi saya dari kecil sudah konsumsi sayran dari daun genjer, rasanya pahit-pahit gurih lembut mudah ditelan sehingga rasanya juga nikmat sehingga boleh dikatakan nafsu makan bertambah.

Leave a Reply