0
Cara Menggunakan Autocadby Ichaon.Cara Menggunakan AutocadCara Menggunakan Autocad AutoCAD adalah perangkat lunak computer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Aujtodesk. Keluarga produk AutoCAD secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. cara menggunakan autocad : Cara  menggunakan AutoCAD pada umumnya yaitu dengan mengklik ganda icon AutoCAD yang ada di menu program. Selanjutnya [...]

Cara Menggunakan Autocad

AutoCAD adalah perangkat lunak computer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Aujtodesk. Keluarga produk AutoCAD secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.

cara menggunakan autocad :

Cara  menggunakan AutoCAD pada umumnya yaitu dengan mengklik ganda icon AutoCAD yang ada di menu program. Selanjutnya di layer monitor terlihat tampilan standar AutoCAD, seperti

cara menggunakan autocad

Gambar diatas menunjukkan tampilan standar pada AutoCAD, untuk memunculkan beberapa floating Toolbar misalnya Toolbar Solids, klik kanan mouse pada Standar Toolbar dan pilih beberapa Toolbar yang mungkin diperlukan.

 

cara menggunakan autocad

Untuk membuka lembar kerja baru, klik File→ New, akan terlihat tampilan seperti dibawah ini, kemudian pilih acadiso→ klik open.

 

cara menggunakan autocad

untuk mengcopy gambar di lembar kerja lain ketikkan perintah copyclip pada comment promt kemudian pilih obyek yang akan copy, setelah itu ketikkan perintah pasteclip kemudian enter.  

  • Penginstruksian

Penginstruksian pada AutoCAD ada beberapa cara diantaranya:

  1. Pada command promt melalui keyboard. Untuk melakukan pembatalan, gunakan tombol Esc.
  2. Atau dengan mengklik floating toolbar sesuai dengan symbol dan keterangannya dengan menggunakan mouse.

 

  • Pengamatan Obyek Gambar

Pengamatan obyek gambar dapat dilakukan mengunakan empat macam sarana yang biasanya sudah terkelompok di dalam toolbar standar, seperti

  1. (Pan) yaitu untuk menggeser tampilan, dengan menekan tombol kiri mouse sambil menggeser kearah tertentu.
  2. (zoom realtime) yaitu untuk memperbesar atau memperkecil tampilan, dengan menekan tombol kiri mouse sambil menggeser keatas atau ke bawah.
  3. (zoom window) yaitu untuk memperbesar tampilan, dengan cara mengkotaki gambar yang akan diperbesar.
  4. (zoom previous) yaitu untuk mengembalikan ke tampilan sebelumnya.

 

  • Perlengkapan Gambar

A. Snap

Adalah perintah untuk mengunci gerakan. Biasanya bekerja sama dengan instruksi grid saat menggambar obyek yang mempunyai jarak tetap. Tekan tombol F9 pada keyboard untuk mengaktifkannya.

B. Grid

Adalah perintah untuk memunculkan titik-titik koordinat. Perintah ini sangat membantu dalam menentukan titik acuan. Tekan tombol F7 pada keyboard untuk mengaktifkannya.

C. Ortho

Adalah perintah untuk mengunci gerakan kursor. Sehingga gerakannya searah vertical dan horizontal. Dengan instruksi ini kita bisa menarik garis tegak lurus (90 derajat). Untuk mengaktifkan fasilitas ini anda menggunakan tombol F8 pada keyboard.

D. Osnap (Object Snap)

Perintah yang digunakan untuk mengunci gerakan kursor pada ujung² perpotangan. Untuk mengaktifkan fasilitas ikon grup osnap yang lain, klik menu View → Toolbars  → Customise → Object Snap. Tekan tombol F3 pada keyboard untuk mengaktifkannya.

 

Demikian beberapa cara menggunakan autocad. Kini Anda telah mengetahui cara menggunakan autocad, tinggal Anda praktekkan cara menggunakan autocad ini. Semoga bermanfaat.


Related Posts

 

Leave a Reply